Jumat, 09 Oktober 2020
  0 Replies
  254 Visits
  Subscribe


Tips Cara Memasang Tangki Air Paling Mudah dan Efektif

Hallo sahabat MPOIN....Selamat datang kembali, kali ini kami akan membagikan tutorial lagi yaitu cara memasang tangki air MPOIN di rumah. Tutorial pemasangan tangki air ini kami buat untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan konsumen kami yang masih bingung tentang cara instalasi tangki air, setelah membeli tangki air MPOIN kami. Namun jangan khawatir tutorial memasang tandon air di rumah ini juga dapat anda ikuti walaupun tandon air anda bukan merk MPOIN.
Cara pemasangan tangki air MPOIN yang pertama adalah dengan mempersiapkan tempat, perlengkapan, dan lain-lain. Meskipun merk tandon air anda tidak sama, tapi cara instalasi tandon air MPOIN di rumah dari kami berikut ini bisa anda praktekkan juga.

1. Alas Tangki Air
Cara pemasangan tandon air yang paling sempurna adalah dengan meletakkannya di bidang datar. Dan jangan memilih pondasi yang miring agar tangki air tidak terjatuh. Anda bisa membuatnya dengan pondasi atau beton/papan yang sudah di tata. Tujuan kami sangat menyarankan anda untuk menyediakan alas yang datar untuk meletakkan tandon air adalah untuk jangka panjang. Jangan sampai ada kerikil ata batu yang nanti akan membuat toren air anda bocor. Gunakan sapu untuk membersihkan alas yang akan digunakan tersebut. Sapu sampai bersih jangan biarkan tersisa sama sekali krikil dan batunya.

2. Lebar Pondasi
Persiapan dalam cara pemasangan tandon air yang selanjutnya adalah dengan menyiapkan tempat yang luas dan mumpuni. Coba lihat di sekeliling rumah anda, apakah terdapat area yang cukup luas?. Usahakan alas atau pondasi lebih lebar dari ukuran tandon air minimal 30 cm. Hal ini bertujuan sebagai pengaman dan mencegah tandon air tidak mudah jatuh ke tanah. Terlebih lagi jika anda hendak memasang tangki air anda di tempat tinggi.

3. Kekuatan Alas atau Pondasi
Dalam tutorial pemasangan tangki air anda juga perlu memperhatikan kekuatan alas atau pondasi anda. Mengapa demikian? karena air adalah benda cair yang memiliki beban. Sehingga semakin banyaknya air yang di tampung dalam tandon air besar kemungkinanan pondasi akan menerima beban itu juga. Perlu anda ketahui setiap 1000 liter air memiliki berat 1 ton, sehingga sangat penting dalam mempertimbangkan pembuatan pondasi yang kokoh agar mampu menahan berat keseluruhan tandon air.

4. Ketinggian Posisi Penempatan Tangki Air
Yang tidak kalah penting selanjutnya dalam pemasangan tangki air adalah penempatan dan ketinggian tangki air. Menagapa demikian posisi ketinggian tangki air sangat mempengaruhi besar kecilnya semburan air yang dihasilkan. Semakin tinggi penempatan tangki air anda, maka semakin besar pula semburan tangki air yang dihasilkan. Berikut adalah beberapa saran penempatan posisi tangki air.

Ketinggian 2-4 meter

Dengan ketinggian seperti ini tekanan dan semburan air yang dihasilkan rendah. Sandat cocok untuk pemakaian ringan. Misalnya hanya untuk mengalirkan air saja sangat cocok untuk anda yang sangat meminimalisir penggunaan air di dalam rumah

Ketinggian 4-6 meter

Pada ketinggian ini tekanan yang dihasilkan dikategorikan sedang. Sehingga semburan air yang dihasilkan dapat menjangkau 5 – 6 meter. Dengan ketinggian ini semburan air yang dihasilkan dapat digunakan untuk mencuci motor

Ketinggian diatas 7 meter

Dan yang terakhir adalah di atas ketinggian diatas 7 meter. Dengan ketinggian di atas 7 meter tekanan air yang dihasilakn sangat tinggi. Namun dampaknya, pengeluaran air dalam permenit semakin banyak. Dengan demikian pemakaian air anda semakin boros.

5. Pipa Ventilasi
Tips memasang tangki air yang baik dengan adalah dengan memasang pipa ventilasi. Pemasangan pipa ventilasi udara ini sangat penting untuk mengatur sirkulasi udara di dalam tangki air. Semua produk kami memiliki pipa ventilasi udara bertujuan untuk mengurangi tekanan udara dan mengatur sirkulasi udara masuk dan keluar tangki.

6. Water Level Kontrol
Dalam pemasangan tandon air di rumah, hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah pemasangan water level konrol atau biasa disebut dengan pelampung. Anda bisa memilih menggunakan pelampung atau tidak. Jika anda memakai pelampung semuanya akan berjalan otomatis mulai dari pengisian maupun pengeluaran air dari pompa air. Namun jika tidak menggunakan, anda akan melakukannya secara serba manual.

Cara Memasang Tangki Air MPOIN
Setelah semua persiapan selesai kita masuk ke hal teknis, yaitu tutorial cara memasang tangki air MPOIN. Berikut adalah langkah-langkah instalasi tangki air.

1. Letakkan tandon air pada pondasi/bidang datar yang sudah dibuat

2. Lakukan pengecekan menggunakan waterpass, untuk mengetahui tingkat kemiringan tangki air

3. Setelah semua beres silahkan anda pasang ring pengaman dan pastikan terpasang dengan baik

4. Pasang water control / pelampung anda

#mpoinplus
#mpoinwave #torenair #antipecah # #antivirus #mpoinplus #tangkiair
#tandonair #airminum #antipecah
#tangkifiberglass

Source: Pipaku Mpoin